Minggu, 27 November 2016

Mengenal Diri Melalui Mimpi

Mimpi
image source: wereblog.com
Anda tidak selamanya menjadi tuan dari diri Anda sendiri. Buktinya, Anda tidak selalu tahu tentang diri Anda dan terkadang meminta pendapat dan penilaian dari orang lain tentang diri Anda. Hal ini dapat membuat Anda terasing dan tidak sadar mengenai diri Anda. Mengetahui makna mimpi merupakan cara untuk menyadari hal yang tidak Anda sadari mengenai diri Anda.

Mimpi bukanlah bunga tidur belaka.  Menurut Sigmund Freud mimpi adalah jalan agung dari ketidaksadaran. Di dalam mimpi, ketidaksadaran dengan bebas berkomunikasi dengan Anda. Hal-hal yang ada di dalam mimpi sesuai dengan pengalaman yang pernah Anda alami. Berikut merupakan sepuluh mimpi yang umum terjadi dan maknanya:
  • Terjatuh
Pikiran sedang memperingatkan Anda tentang situasi dimana Anda tidak dapat mengontrol diri. Perhatikan ulang pada hubungan, tunangan, karir Anda atau yang lainya dan urailah bagian mana yang berjalan salah. Cobalah untuk mengubah ulang situasi secepatnya. 
  • Dikejar
Mengindikasikan bahwa Anda sedang menghindari sesuatu. Siapa yang mengejar Anda? Apakah Anda mengindari pertentangan? Tanggung jawab atau kewajiban? Berhenti menghindar, hadapi situasi dan selesaikan.
  • Gigi copot
Merepresentasikan tantangan dan insting menyelamatkan diri. Mimpi tentang gigi menandakan bahwa intingmu sedang melindungi diri Anda sendiri dan penampilan Anda. Apakah ada situasi dimana Anda kehilangan kepercayaan diri?
  • Tersesat
Tersesat atau mencari sesuatu menandakan bahwa Anda cemas. Apakah Anda menghadapi tantangan baru yang membuat Anda tidak siap? Mimpi mengenai orang lain yang hilang menandakan bahwa Anda sedang memiliki perasaan yang belum terselesaikan mengenai orang ini.
  • Air
Air merepresentasikan kejernihan, perubahan, pembaharuan, dan kehidupan baru walupun itu tidak signifikan bagi Anda. Konteks sangat penting. Menawarkan air ke orang lain menandakan bahwa Anda menawarkan kehidupan baru atau perubahan positif. Terjebak dalam badai menandakan bahwa terdapat perasaan kewalahan dengan perubahan hidup.
  • Laba-laba
Diasosiasikan dengan manipulasi. Anda sedang dimanipulasi dan butuh mengetahuinya, atau Anda sedang memanipulasi sesorang dan butuh untuk berhenti. Laba-laba sedang merajut jaring dan perangkap. Temukan dimana Anda akan menjebak orang atau mereka akan menjebak Anda.
  • Telanjang
Merepresentaikan perasaan diri yang melambung atau rentan. Apakah Anda ingin menjadi lebih dari diri Anda yang sekarang? Dalam lingkup primitif, telanjang di tempat umum menunjukkan bahwa Anda dalam posisi yang merugikan- Anda sekarang sedang menyembunyikan senjata, contohnya.
  • Hamil
Mengindikasikan bahwa Anda butuh untuk mengetuk sisi kreatif. Anda memiliki keingiinginan yang tidak diketahui untuk membawa ide baru, menciptakan seni, atau menjalani projek kreatif yang baru. Laki-laki yang bermimpi hamil mungkin sedang mengejar kuasa atas perempuan yang mampunyai pengaruh. 
  • Kematian
Simbol yang mengindikasikan berakhirnya sesuatu. Tidak menandakan bahwa kamu akan mati. Kematian  orang yang dicintai menunjukkan bahwa orang tersebut tidak lagi menjadi bagian hidup Anda, atau kualitas yang dimiliki kurang. 
  • Terlambat
Menunjukkan bahwa Anda telah kehilangan kesempatan untuk menyelesaikan sesuatu. Hal ini juga menandakan bahwa ketidakmampuan untuk membuat hubungan, menyesal mengenai kesempatan yang terlewat, atau membutuhkan keteraturan pada kehidupan Anda. Fokus keterlibatan pada hal yang paling Anda pedulikan- jangan berlebihan pada dirimu sendiri.

Catatlah mimpi Anda, apakah salah satu mimpi yang Anda alami disebutkan diatas? Apabila tidak, Anda dapat membaca lebih detail penjelasan tentang mimpi di buku Dream Dictionary For Dummies karangan dari Peirce atau The Interpretation of Dreams: The Complete and Definitive Text dari Sigmund Freud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar