Senin, 05 Desember 2016

Cara Mudah Membentuk Kebiasaan

Kebiasaan
Kebiasaan Baru
Image source: Stephmarks.com
Lelah dengan merencanakan pencapaian yang diinginkan dan tidak pernah berhasil menggapainya? Triknya adalah jalankan pencapainmu dari langkah kecil, dan mudah. Dengan kata lain, ketika Anda mengetahui bagaimana membentuk kebiasaan baru (yang berhubungan dengan pencapaianmu), maka kamu dapat membuat kesuksesan di aktivitas sehari-hari.

Berikut ini merupakan lima langkah mudah untuk membentuk kebiasaan baru, yakni:
  • Fokus pada satu kebiasaan baru
Perlu diingat untuk fokus pada satu kebiasaan baru. Itu adalah jalannya, seluruh motivasimu akan dsalurkan untuk menyelesaikan kebiasaan baru dan meningkatkan presentasi membuat kebiasaan baru. Apabila lebih dari satu kebiasaan baru, maka motivasimu akan terpecah dan kemungkinan untuk keberhasilannya akan rendah.
  • Ambil langkah kecil
Buatlah komitmen kecil dimana mudah dilakukan. Rentang waktu yang dibutuhkan oleh setiap orang dan kebiasan berbeda-beda. Kamu akan menyadari bahwa beberapa kebiasaan terkadang mudah dan terkadang lebih sulit. Jika kamu berhasil dengan komitmen yang kecil dengan kebiasaan yang sulit kamu lakukan, maka kamu akan lebih siap dengan komitmen yang lebih besar.
  • Kaitkan kebiasaan baru dengan kebiasaan yang sudah terbentuk
Bukanlah lebih mudah ketika kebiasaan baru itu berhubungan dengan kegiatan sehari-hari kita. Kita tidak perlu mengatur waktu khusus untuk melakukannya.
  • Buat perencanaan jika ada hambatan
Membuat kebiasaan baru tidaklah terlepas dari hambatan. Persiapan rencana cadanagan dimana kamu sebisa mungkin tetap menjalankan kebiasaanmu. Gunakan "teknik jika-maka" untukperncanaan. Contohnya jika tempat gym tutup maka saya akan berlatih di rumah.
  • Beri hadiah
Memberi hadiah pada dirimu sendiri sangat penting untuk menjaga motivasimu. Berilah hadah pada pencapaian-pencapain yang anda dapat selama melakukan kebiasaan baru. Contoh memberi es krim yang anda sukai ketika berhasil melaksankan kebiasaan baru 1 minggu berturut-turut.

Lima langakah ini dapat anda lakukan untuk membentuk kebiasaan baru yang anda inginkan. langkah-langkahnya adalah fokus pada satu kebiasaan baru, ambil langkah kecil, kaitkan kebiasaan baru dengan kebiasaan yang sudah terbentuk, buat perencanaan jika ada hambatan, dan beri hadiah.

1 komentar:

  1. postingannya bagus gan. tetep semangat blogging ya gan. mampir ke blog ane di matahrd.com ya gan

    BalasHapus