Selasa, 22 November 2016

Stop Kecemasan Dengan Mindfulness

Mindfull atau Mindful?
Image source: trudymorgancole.files.wordpress.com

Kecemasan merupakan reaksi yang normal. Itu merupakan sinyal dari tubuh kita bahwa terdapat kejadian buruk yang akan datang. Untuk beberapa kasus, kecemasan dapat menganggu kehidupan Anda. Anda akan merasa tidak bisa santai, senang, bahagia, dan menikmati hidup ketika merasa cemas. Mindfulness dapat membantu ketika Anda merasa terganggu dengan kecemasan.

Mindfulness merupakan teknik dimana Anda dapat fokus dan sadar terhadap masa sekarang. Teknik mindfulness mudah untuk dipraktikkan dan dapat dilakukan di kehidupan sehari hari. Berikut merupakan beberapa jenis teknik mindfulness yang dapat Anda lakukan:
  • Mindful Breathing
Mindful breathing merupakan teknik mindfulness yang memanfaatkan bernafasan. Langkah-langkahnya yakni:
  1. Bernafas
  2. Fokuskan perhatian Anda pada udara yang masuk dan yang keluar dari hidung Anda.
  3. Lakukan selama lima menit. Apabila Anda sudah terbiasa, Anda dapat melakukan kapanpun ketika Anda bernafas.
  • Mindful Eating
Mindful eating merupakan teknik mindfulness yang memanfaatkan aktivitas makan. Langkah-langkahnya yakni
  1. Pilih waktu makan dimana Anda sendiri dan tidak sedang dengan orang lain atau melakukan interaksi dengan orang lain saat makan.
  2. Makan dengan pelan. Fokuskan perhatian Anda sensasi ketika megigit makanan  (bau, rasa, suara, tekstur) untuk pertamakalinya.
  3. Lakukan selama Anda menghabiskan makanan, tenggelamkan diri pada sensasi yang Anda rasakan, dan habiskan makanan dengan pelan-pelan.
  • Body Scan Meditation
Body Scan Meditation merupakan teknik mindfulness yang memanfaatkan meditasi, dan dapat menimbulkan kesadaran terhadap anggota tubuh. Langkah-langkahnya yakni:
  1. Sediakan waktu dan tempat yang membuat  Anda nyaman dan jauh dari gangguan.
  2. Cari posisi yang nyaman akan tetapi dapat membuat Anda fokus seperti duduk bersila. Tutup mata Anda dan fokuskan perhatian pada ibu jari kaki Anda. Rasakan apa yang ada ibu jari Anda,
  3. Alirkan perhatian perlahan-lahan ke setiap bagian tubuh Anda yang lain seperti ibu jari beralih ke telapak kaki, kemudian ke pinggul, dan seterusnya. Rasakan apa yang ada di setiap bagian tubuh Anda.
  • Mindful Yoga
Mindful yoga merupakan teknik mindfulness yang memanfaatkan gerakan yoga. Langkah-langkahnya yakni:
  1. Siapkan setidaknya 10 menit waktu tenang, terbuka dan sejuk untuk melakukan yoga.
  2. Rasakan setiap sensasi dari gerakan yoga secara fisik maupun emosional.
  3. Perhatikan setipa perubahan sensasi di setiap gerakan yoga yang Anda lakukan.
Anda dapat berlajar empat praktik mindfulness dengan melihat video di bawah ini (diklik saja):
atau Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang praktik-praktik mindfulness di Mindfulness: A practical guide to finding peace in a frantic world  karangan William dan Pennman.

Sharon Salzberg berkata "Mindfulness tidaklah sulit. Kita hanya butuh untuk mengingatnya". Lakukan mindfulness sebisa yang Anda lakukan dan seingat Anda. Semoga dapat membantu mengatasi kecemasan Anda.

1 komentar:

  1. keren gan .. saya sendiri sering ngerasa kecemasan yang berlebih

    BalasHapus